Mari Menjadi Bangsa Berbudaya

mari berbudaya


Kebudayaan Ciri Jati Diri Bangsa

 

KEBUDAYAAN salah satu ciri bangsa yang mempunyai jati diri. Untuk itu, seluruh peninggalan budaya masa lalu milik harus dilestarikan dan dijaga. “Kebudayaan sangat penting karena dapat membuktikan jati diri bangsa ini,” kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik saat Peresmian Purna Pugar Cagar Budaya Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7).

Jero Wacik mengatakan, penetapan Lawang Sewu sebagai cagar budaya tidak lepas dari usia yang sudah lebih dari 100 tahun. Dalam waktu itu, sangat banyak peristiwa terjadi pada cagar yang sudah ditetapkan sebagai salah satu tujuan wisata di kota Semarang ini. Dia berharap, cagar budaya ini lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Lawang Sewu. Dengan penetapan ini, diyakini akan makin banyak kegiatan berorientasi bisnis dilaksanakan. “Di tempat ini akan menjadi tempat kegiatan-kegiatan komersial, hingga masyarakat, diharapkan makin sejahtera,” katanya.

Mengenai pemanfaatan cagar budaya itu, kata Jero Wacik, menjadi tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah pusat, daerah, dan seluruh elemen masyarakat. Meskipun begitu, masih perlu penjabaran agar dalam pemanfaatan tidak menimbulkan sesuatu yang mengancam keutuhan cagar budaya itu. Hingga saat ini, Indonesia mempunyai ribuan obyek cagar budaya tersebar dari Sabang sampai Merauke. Yang terletak di Jawa Tengah, melebih 100. “Cagar budaya tersebar dan tercatat hingga saat ini mencapai ribuan buah.” Arland

Semarang | Rabu, 6 Jul 2011
Heri Arland
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s